" WILUJENG SUMPING ...................SELAMAT DATANG..........di Blog ...WAWAN RUSMAWAN.........Cimahi

Sabtu, 25 April 2009

PERPUSTAKAAN SEBAGAI JATUNG BSEKOLAH


Bertempat di Pesantren Darut Tauhid Geger Kalong , Bandung , dipenghujung bulan maret ini, telah digelar kegiatan workshop berthema “ Menjadikan Perpustakaan sebagai Jantung Sekolah ”. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para pustawan dalam menjalankan tugasnya dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Dra Oom Nurochmah Msi. Dalam sambutannya, Oom mengucapkan terimakasih kepada MQ publishing dan Masarakat literasi Indonesia dan mendukung sepenuhnya aktifitas para nara sumber yang tetap bersemangat mendorong bangkitnya minat baca dikalangan masyarakat melalui aktivitas yang mereka lakukan. Selain itu, Oom juga menjelaskan bahwa dengan turunnya Undang-undang No 43/2003 kini aktivitas perpustakaan memiliki payung hukum yang cukup jelas yakni undang-undang tersebut di atas.

Para peserta yang hadir dalam kegiatan workshop ini berjumlah 70 orang .Mereka berasal dari berbagai tempat di jawa barat yakni dari kota Bandung, Cimahi, Garut, Cianjur dan Tasikmalaya. Mereka yang hadir dalam workshop ini selain para pustakawan sekolah, juga dari kalangan guru, editor penerbitan, mahasiswa pencinta buku. Peserta tersebut merupakan utusan sekolah dari jenjang taman kanak-kanak.Sekolah Dasar,SMP dan SLTA.

Ada tiga orang pakar yang mengisi kegiatan workshop tersebut ; Dr Romi Satria Wahono pakar TI , Dosen dan pengelola situs “ Ilmu Computer. Com ”, Suherman,M.Si. “ Ketua Masyaarakat Literasi Indonesia pemenang lomba perpustakaan nasional dari Surabaya. dan Dra Tunik

Dengan gaya mengajarnya yang sanytai diiringi humor-humor yang segar Dr Romi membawa peserta workshop menjelajahi dunia maya. Dr.Romi memaparkan tentang perpustakaaan digital disertai contoh-contohnya. Usai Dr Romi memaparkan materi .para peserta diberikesemnpatan bertanya. Sejumlah pertanyaan muncul dari peserta antara lain Bisnis internernet iru apa dan bagaimana ? .Adakah software untuk perpustakaan di sekolah.?. Seluruh pertanyaan dijawab tuntas oleh Doktor lulusan sebuah PT di negeri sakura itu.(Wawan Rusmawan)***

1 komentar:

  1. Assalamu'alikum Pa, ni Rizal, terus berjuang u/ mencerdaskan bangsa dalam jurnalistik. Cayooooooooo

    BalasHapus